Menu Close

Tips Dari Konsultan Bisnis, Bukan Akuntan Lainnya

Tips Dari Konsultan Bisnis, Bukan Akuntan Lainnya

Saya ditanya oleh calon klien, “Mengapa saya harus mempekerjakan akuntan lain untuk bekerja dengan saya dalam transaksi ini ketika firma saya telah mempekerjakan seorang akuntan yang berkualifikasi dan mempertahankan firma auditor?”

Itu adalah pertanyaan yang bagus dan mungkin akan ditanyakan oleh banyak pemilik UKM dalam situasi yang sama. Saya cukup yakin dengan jawabannya, tetapi ingin menghindari klise yang biasa, seperti “Anda hanya menjual bisnis Anda sekali”, “Anda harus melakukannya dengan benar terlebih dahulu” dan “terlalu banyak uang yang dipertaruhkan untuk mengambil risiko Jasa Pendaftaran Merek Dagang Jakarta. pada saran yang tidak berpengalaman”, namun mereka adalah alasan utama mengapa dan mereka memang merupakan bagian dari tanggapan.

Saya menjelaskan bahwa tidak semua akuntan berpengalaman dalam segala hal. Kualifikasi akuntansi memberikan pengenalan yang sangat baik ke dunia bisnis, tetapi akuntan cenderung berspesialisasi seperti profesi lainnya, dan ini adalah salah satu bidang keahlian utama saya.

Pemilik yang bersangkutan tahu bahwa akuntan internalnya melakukan pekerjaan yang baik dalam menjalankan keuangan bisnis sehari-hari, menangani transaksi penjualan dan pembelian, mengelola penggajian, dan membuat laporan bulanan. Dia juga mengurus sebagian besar hal lain yang berkaitan dengan administrasi bisnis, seperti properti dan asuransi, tetapi pemiliknya juga tahu dalam hatinya bahwa akuntannya belum pernah menjual bisnis sebelumnya dan tidak tahu apa artinya. Dia juga tahu bahwa auditornya kompeten dalam membuat akun akhir tahun dan menyiapkan pengembalian pajaknya, tetapi mereka tidak memiliki pengalaman langsung dalam menyiapkan bisnis untuk dijual atau membuat presentasi penting untuk memaksimalkan nilai penjualannya dari calon pengakuisisi.

Pemilik telah berbicara dengan penasihat keuangan perusahaannya dan telah mendengarkan dengan seksama saran yang ditawarkan – beban kerja yang luar biasa, jumlah detail, uji tuntas yang mengganggu yang akan memeriksa setiap bagian dari bisnis, negosiasi persyaratan dengan pengakuisisi berpengalaman dan potensi dampak dari semua ini pada waktunya, menjalankan bisnis sehari-hari dan berapa banyak yang bisa dia dapatkan dari transaksi tersebut.

Intinya adalah pemilik tahu bahwa dia perlu memperkuat timnya selama proyek berlangsung dan itulah alasan dia dan saya berdiskusi.

Dia mendengarkan dengan seksama sementara saya memberinya perkiraan saya tentang nilai bisnis berdasarkan pendapatan saat ini dan jenis kelipatan yang bisa dia harapkan dari pembeli perdagangan dan ekuitas swasta.

Saya membandingkan dan mengkontraskan alasan akuisisi yang berbeda dari pembeli perdagangan dan pembeli ekuitas swasta, dan saya berbicara tentang proses dan skala waktu, termasuk kemungkinan skala waktu yang diperpanjang jika pengakuisisi membutuhkan lebih banyak waktu untuk memastikan, yaitu untuk mendapatkan bulan atau kuartal lagi. perdagangan di atas batu tulis.

Saya juga menjelaskan bagaimana pemilik dapat mengamankan lebih banyak uang melalui pendapatan jika bisnis berjalan lebih baik dari yang diharapkan dan saya menyoroti apa yang akan dicari oleh calon pengakuisisi, yaitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *