Menu Close

Pengen Buat Croffle Sendiri? Wajib Punya 5 Perlengkapan Ini!

Belakangan, croffle adalah penganan manis yang cukup viral dan jadi primadona banyak orang. Bukan hanya karena rasanya yang gurih dan manis, tetapi juga karena bentuk dan teknik memasak croffle yang bisa dibilang cukup mengundang “kontroversi”, khususnya di media sosial. 

Pada dasarnya, croffle adalah roti croissant yang “dipenyet” dengan panggangan waffle. Croffle sendiri adalah akronim dari Croissant dan Waffle. Kalau biasanya adonan croissant dimasak dengan cara dipanggang supaya mengembang dan berongga, nah croffle membuat croissant jadi hadir dalam bentuk gepeng dan kotak-kotak. Selain karena dipopulerkan oleh artis Korea Selatan, teknik unik inilah salah satunya yang membuat croffle makin ramai dibicarakan orang. 

Makin ke sini, varian rasa dan harga croffle makin banyak. Sebelumnya, croffle adalah makanan yang terbilang “limited” karena selalu antre panjang untuk bisa membelinya. Sekarang jangan khawatir, daripada mahal-mahal beli, kalo kamu terlanjur ngiler dan penasaran, kamu bisa kok bikin croffle di rumah sendiri supaya bisa dimakan sepuasnya!

Berikut ini adalah 5 perlengkapan yang perlu kamu miliki supaya bisa bikin croffle yang sempurna. 

Bahan adonan & topping

Untuk bisa membuat croffle, tentu saja kamu harus membuat adonannya lebih dulu. Adonan croffle sama dengan adonan untuk croissant. Biasanya, bahan-bahannya terdiri atas susu evaporasi, mentega, garam, gula, tepung roti, ragi kering, dan telur. Untuk takaran adonan, kamu bisa melihat tutorial lengkapnya di aplikasi memasak atau Youtube supaya lebih pasti dan anti gagal. 

Selain adonan, kamu juga perlu mempersiapkan topping untuk croffle supaya makin mantap. Topping atau cocolan untuk croffle bisa disesuaikan dengan seleramu. Bisa pakai coklat cair, selai strawberry, kayu manis, nutella, dan masih banyak lagi. 

Dengan bahan-bahan ini, kurang lebih Rp 200 ribu adalah modal yang dibutuhkan supaya kamu bisa membuat adonan croissant. 

Croissant pastry sheet instan atau frozen

Buat kamu yang malas bikin adonan dari awal atau takut gagal, tenang aja. Sebab sekarang, sudah banyak dijual adonan croissant beku siap panggang maupun croissant pastry sheet yang bisa kamu potong dan gulung sendiri. Salah satu produsen yang memiliki produk ini ada Bonchef dengan kisaran harga mulai Rp 60 ribuan untuk 1 kotak berisi 12 lembar kulit pastry atau croissant. Selain yang instan, kamu juga bisa membeli adonan croissant yang sudah digulung dan siap panggang dari berbagai toko roti. Baik online shop, maupun toko offline. Gampang banget, deh!

Mixer

Khusus untuk kamu yang suka bereksperimen dan memilih bikin adonan sendiri, mixer adalah perlengkapan yang tidak boleh terlewat untuk digunakan dalam proses membuat adonan. 

Pasalnya, alat satu ini akan diperlukan untuk mengocok putih telur dan mengaduk bahan-bahan lainnya. Dengan mixer, adonan croissant bisa lebih berpeluang untuk berhasil dibandingkan kalau mengocok dengan tangan atau manual. 

Tapi, jangan khawatir. Kamu bisa membeli hand mixer di e-commerce dengan harga cukup terjangkau, kok. Mulai dari Rp 160 ribuan aja. 

Croissant roller & cutter

Untuk membuat potongan dan gulungan adonan croissant kamu makin sempurna nan cantik, kamu akan membutuhkan croissant roller dan cutter. Meski fungsinya simple, hanya memotong adonan dan menggulung, namun harga alat yang satu ini terbilang lumayan. Di Blibli.com, 1 unit croissant roller dan cutter dibanderol mulai dari Rp95.000. 

Panggangan waffle

Alat terakhir yang sangat wajib dan harus dibeli tentunya adalah panggangan waffle. Sebab, tanpa alat ini, tentu nggak bakal ada croffle meskipun kamu sudah membuat adonannya dengan ciamik. 

Karena rata-rata menggunakan bahan dasar marmer agar anti lengket, harga panggangan waffle bisa dibilang cukup mahal. Panggangan waffle dengan kualitas baik biasanya dibanderol dengan harga Rp 400 ribu ke atas. Fiturnya antara lain: elektrik/menggunakan energi listrik, timer, tombol on off, 4 alat pelat pemanas tambahan seperti untuk roti atau donat, dan kapasitas daya sekitar 700 watt. 

Semua perlengkapan bikin croffle bisa cicilan tanpa kartu kredit pakai Kredivo

Nah, kalau dihitung-hitung harga semua perlengkapan di atas, modal bikin croffle ini bisa dibilang cukup mahal. Sekilas, daripada beli alatnya, mending beli langsung aja croffle jadi yang siap makan deh. 

Tapi, tentunya, pengalamannya akan berbeda ketika membeli dan memasak. Pasti ada kepuasan sendiri jika kamu berhasil buat croffle sendiri. Buat kamu yang masih mau dan penasaran pengen buat croffle sendiri, nggak perlu khawatir. Kamu bisa beli semua perlengkapan membuat croffle di atas dengan cara cicilan tanpa kartu kredit pakai Kredivo. 

Apa istimewanya?

Kamu bisa cicilan tanpa dikenakan bunga alias 0% untuk tenor 3 bulan! Sementara itu, minimum transaksinya cuma Rp 500 ribu aja. Bisa digunakan di Tokopedia, Blibli, Lazada, dan e-commerce lainnya. 

Sekarang, yuk kita hitung total modal kasarnya: 

  1. Bahan adonan croissant: Rp200.000.
  2. Mixer: Rp160.000. 
  3. Croissant roller & cutter: Rp95.000.
  4. Pemanggang waffle: Rp400.000. 

Total modal kasarnya adalah Rp855.000. Dengan cicilan 0% Kredivo selama 3 bulan, kurang lebih simulasi cicilannya bisa menjadi: 

  1. Jumlah transaksi Rp855.000.  
  2. Biaya admin cicilan 1% per bulan Rp8.550. 
  3. Angsuran per bulan sebesar Rp293.550 selama 3 bulan sudah termasuk biaya admin, tanpa bunga, tanpa dp. 

Gimana, tertarik coba? Kamu bisa download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store sekarang untuk daftar. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *