Menu Close

Fungsi Transmisi Pada Mobil Yang Sering Di Abaikan

Salah Satu Fungsi Transmisi pada Kendaraan, Penting Banget! | kumparan.com

Apakah kamu bisa mengemudikan mobil dengan transmisi otomatis? Banyak masyarakat yang kini ketagihan untuk menggunakan mobil transmisi otomatis. Alasan yang banyak dikemukakan adalah lebih mudah untuk dijadikan sebagai teman berkendara kemanapun. Hal ini dikarenakan mobil dengan transmisi otomatis menghilangkan pedal pijakan kopling sehingga membuat pengemudi lebih tidak mudah lelah. Sebab itu, mobil matic di layanan pesan mobil selalu laris manis.

Mobil memiliki sebuah transmisi yang digunakan untuk menjalankan unit kendaraannya. Dimana transmisi berperan penting dalam jalannya mobil. Berikut ini merupakan fungsi transmisi dalam mobil.

  1. Membuat kendaraan tetap hidup saat posisi berhenti
  2. Mampu menggerakkan kendaraan jalan mundur sesuai keinginan pengemudi
  3. Mampu mengatur tarikan mesin sesuai kebutuhan pengemudi
  4. Meneruskan tenaga dari kopling ke poros propeller

Cukup penting bukan kegunaan transmisi pada kendaraan roda empat? Sebab itu, transmisi sebuah kendaraan dibuat senyaman mungkin dalam mendukung kegiatan berkendara. Baik pada mesin unit kendaraan pesan mobil matic maupun manual pun sistem transmisi yang digunakan cukup berperan penting dalam kenyamanan berkendara.

Nah, dalam sistem transmisi mobil baik yang digunakan layanan pesan mobil maupun yang digunakan pribadi memiliki dua jenis yakni transmisi manual dan otomatis. Kedua sistem transmisi ini berbeda jauh. Dimana perbedaannya terletak pada ada tidaknya pedal kopling pada sistem operasi mesinnya. Hal ini berimbas pada cara kerja kendaraan.

Mobil yang menggunakan transmisi otomatis cenderung nyaman digunakan. Dimana mobil jenis ini sendiri bisa diajak untuk menjalankan perjalanan jauh maupun dekat. Karena tidak menggunakan pedal kopling, mobil jenis ini nyaman digunakan sehari – hari terutama saat macet karena tidak mudah pegal. Namun, harga beli unit kendaraan pribadi ini maupun harga sewa kendaraan pribadi ini lebih tinggi dari manual.

Mobil manual sendiri menggunakan sistem transmisi yang masih dilengkapi dengan pedal kopling. Bila kamu suka mengatur sendiri tarikan mobil, mungkin kamu bisa menggunakan tipe mobil ini. Namun, mobil jenis ini cenderung membuat pegal karena harus menginjak kopling untuk melakukan tarikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *